Lifestyle

Cara Aman Mengatasi Mata Kering pada Anak dengan Insto Dry Eyes

Cara Aman Mengatasi Mata Kering pada Anak dengan Insto Dry Eyes

Masalah mata yang kering tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi juga pada anak, terutama yang sering bermain gawai. Gejala mata yang kering seperti mata perih, gatal dan terasa panas pasti membuat anak tidak nyaman dan rewel. Berikut ini adalah cara yang aman mengatasi masalah mata anak yang kering serta penyebabnya.

Penyebab Mata Anak Menjadi Kering

Sindrom mata kering merupakan kondisi dimana mata tidak mendapatkan lubrikasi yang baik dan kelembapan mata tidak terjaga atau dalam istilah medis dikenal dengan keratoconjunctivitis sicca. Sindrom ini disebabkan karena air mata yang bertanggung jawab terhadap lubrikasi dan kelembapan mata tidak dapat bekerja secara optimal.

Kondisi tertentu seperti produksi air mata yang kurang optimal dan penguapan air mata yang berlebihan dapat menyebabkan mata menjadi kering. Gejala umum sindrom ini adalah mata terasa perih, gatal, berair, sensasi seperti terbakar, sensitif terhadap cahaya dan berair.

Produksi air mata terjadi pada kelenjar lakrima atau kelenjar air mata, dimana produktivitasnya diatur oleh hormon. Gangguan produksi air mata dapat terjadi karena beberapa faktor, yaitu perubahan hormon, kondisi medis tertentu, penggunaan obat-obatan tertentu dan kurangnya asupan gizi serta cairan.

Penguapan air mata berlebihan terjadi ketika melakukan aktivitas yang membutuhkan fokus visual tinggi seperti bermain gawai, membaca dan berkendara. Faktor lingkungan yang kurang mendukung juga bisa mempercepat penguapan air mata, lingkungan dengan kelembapan rendah pada ruangan AC dan tiupan kipas angin.

Masalah mata yang kering pada anak umumnya disebabkan karena aktivitas seperti bermain gawai dalam waktu yang lama. Ketika bermain gawai kita diharuskan untuk fokus terhadap layar hal ini membuat mata pegel dan reflek berkedip menurun. Berkedip merupakan cara mata untuk menjaga kelembapan dan melubrikasi ulang mata dengan merangsang sekresi air mata.

Reflek berkedip yang menurun membuat mata tidak dapat mempertahankan kelembapannya dan lubrikasi tidak berjalan dengan baik. Kondisi seperti ini dapat beresiko menyebabkan gesekan pada kornea dan menyebabkan terjadinya luka yang berujung pada peradangan atau konjungtivitis.

Reflek berkedip yang menurun membuat mata terbuka lebih lama. Kondisi ini akan menyebabkan penguapan air mata berlebih. Apalagi jika kondisi lingkungan kurang mendukung, penguapan tersebut akan menjadi lebih cepat, akibatnya mata sepet dan mudah kering.

Bermain gawai bisa membuat anak lupa makan dan minum. Asupan gizi dan cairan yang kurang dapat mengganggu produksi air mata. Hal ini menyebabkan air mata yang dihasilkan memiliki kualitas yang kurang baik dan kinerjanya menjadi kurang optimal. Selain itu sinar biru yang dihasilkan oleh layar gawai juga bisa berpotensi menyebabkan gangguan penglihatan.

Cara Aman Mengatasi Mata yang Kering pada Anak

Kondisi tubuh anak yang sensitif membuat orang tua harus berhati-hati memilih obat tetes mata. Insto Dry Eyes diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah mata yang kering dengan kandungan yang sangat mirip dengan air mata alami sehingga aman digunakan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Cara Mencegah Mata Menjadi Kering

Cara yang paling efektif menangani masalah mata yang kering pada anak dengan tidak memberikan gawai pada anak yang merupakan sumber masalah utama. Jika anak sulit lepas dengan gawai Anda bisa mengurangi durasinya secara bertahap dan memberikan mainan lain atau mengajak melakukan aktivitas yang dapat mengalihkan perhatian anak terhadap gawai.

Anak memang sebaiknya tidak terlalu sering dibiarkan menggunakan gawai karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada mata. Jika anak Anda mengeluh mata lelah, perih dan tidak nyaman segeralah suruh beristirahat dan berikan Insto Dry Eyes sebagai tindak penanganan masalah mata yang kering.