Kesehatan

Cara Menghitung Masa Subur Pada Pria

Cara Menghitung Masa Subur Pada Pria

Cukup berbeda dengan masa kesuburan pada wanita, masa subur pria bisa diukur lewat kuantitas dan kualitas sperma, bahkan juga beberapa faktor lain yang mana dapat mempengaruhi kesuburan. Kebanyakan orang mungkin menganggap masalah kesuburan menjadi urusan wanita. Padahal, pria juga punya masa-masa subur, berikut cara menghitung masa subur pria dari faktor yang mempengaruhinya.

  1. Kuantitas atau Jumlah Sperma

Idealnya, seorang pria melakukan ejakulasi dan mengeluarkan 15 juta atau lebih sel sperma per milliliter di mana dari jumlah banyak tersebut, hanya beberapa sel sperma saja yang bisa masuk dan mampu membuahi sel telur secara sempurna. Namun, apabila jumlahnya kurang dari jumlah itu maka proses pembuahan juga kemungkinan bisa menurun.

  1. Waktu Puncak dari Produksi Sperma

Selain kuantitas sperma yang nantinya dikeluarkan, penting bagi Anda serta pasangan untuk tau kapan waktu puncak dari produksi sperma paling baik di setiap harinya. Di mana waktu terbaik memproduksi sperma pria yakni sekitar pukul 4 – 7 pagi. Waktu tersebut adalah jam-jam di mana produksi sperma sedang melimpah ruah bahkan kondisinya juga sangat baik.

  1. Waktu Keluarnya Sperma

Cara menghitung masa subur pria dari faktor yang mempengaruhi selanjutnya adalah waktu keluarnya sperma. Selain waktu dari produksi sperma yang paling, ada juga waktu dimana keluarnya sperma jadi lebih baik dari pada hari-hari lainnya, yakni di masa paling subur pria pada hari ke 3 sampai hari ke 7 setelah masa ejakulasi berakhir.

Masa ejakulasi sendiri adalah sperma yang dari organ reproduksi. Pada waktu tersebut, sperma sudah berada di kondisi sangat baik bahkan tingkat kematangan juga lebih tinggi. Selain itu, jumlahnya dari sel sperma juga sangat banyak sehingga proses pembuahan pun bisa dilakukan secara maksimal.

  1. Pergerakan Sperma

Agar bisa melakukan proses pembuahan ke sel telur wanita secara baik, setidaknya sperma yang dikeluarkan juga memiliki pergerakan cukup baik. Di mana setidaknya hampir 40% terjadinya pembuahan akan dipengaruhi oleh pergerakan sel sperma.

  1. Struktur Sperma

Selain pergerakan dari sperma, struktur sperma pria memiliki pengaruh cukup besar dalam proses pembuahan. Idealnya, struktur sperma bagus yakni sperma yang mana terdiri atas kepala serta memiliki ekor panjang.

  1. Kondisi Musim

Menurut penelitian, kondisi musim juga mempunyai peran yang cukup besar dalam proses reproduksi sperma pria. Dimana di musim dingin sperma biasanya akan lebih banyak diproduksi daripada produksi di musim panas. Mungkin Anda juga bisa melakukan hubungan bersama pasangan saat musim dingin.

Bagaimana cukup berbeda bukan cara menghitung masa subur wanita dengan pria? Kini Anda pun sudah tau kapan waktu yang tepat untuk pembuahan. Beberapa faktor di atas mungkin bisa membantu Anda mengetahui kapan masa paling subur bagi pria dan waktu terbaik untuk melakukan hubungan dengan pasangannya. Semoga bermanfaat.