Lifestyle

Tips untuk Membuat Anak Mau Belajar tanpa Menangis

Tips untuk Membuat Anak Mau Belajar tanpa Menangis

Pertumbuhan dan perkembangan anak akan berjalan optimal jika Anda selaku orang tua memantaunya dengan baik. Tingkat kecerdasan anak pun akan terlihat dari caranya menanggapi banyak hal. Anak yang cerdas tidak keberatan untuk belajar. Jika anak Anda malas belajar, ini tips untuk membuat anak mau belajar tanpa menangis yang bisa diterapkan.

  1. Dukungan dan Komunikasi

Anak-anak selalu membutuhkan dukungan orang tua untuk membuatnya menjadi bersemangat. Jika Anda selalu memberikan dukungan kepadanya untuk belajar maka anak pun akan menjadi bersemangat. Cara memberikan dukungan tentu saja dimulai dengan menyediakan waktu untuk anak agar bisa bercerita dan bertanya banyak hal padanya.

Komunikasi yang Anda lakukan dengan anak tentu saja memberikan luang untuk menanyakan aktivitasnya selama di sekolah. Apa saja yang terjadi dan bagaimana belajarnya di sekolah. Ini akan membuat anak mendapatkan perhatian dan ingin terus menjadi lebih baik setiap harinya dalam belajar.

  1. Berikan Hadiah

Anak-anak sangat senang dengan hadiah. Salah satu membuat anak mau belajar tanpa menangis adalah Anda memotivasinya dengan memberikan hadiah saat mencapai sebuah prestasi. Hadiah tidak perlu besar hanya Anda perlu memberikan apa yang sekiranya disukai oleh anak-anak.

  1. Jelaskan Manfaat Belajar

Anak masih harus selalu mendapatkan penjelasan tentang apa saja yang dilihat dan dilakukannya, termasuk tentang belajar. Anda perlu menjelaskan kepada anak manfaat dari belajar yang akan didapatkan. Jelaskan secara bertahap apa itu belajar, cara melakukannya, dan kenapa harus dilakukan. Ini akan membuat anak paham dan akhirnya bisa belajar dengan senang hati.

  1. Tetapkan Jam Belajar

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah menetapkan jam belajar anak secara rutin agar menjadi sebuah kebiasaan dan terbiasa. Kontrol ketertiban anak dalam menaati jam belajar yang telah ditentukan. Anda harus memastikan anak tidak melewati jam belajarnya. Ketika anak sudah disiplin dan memahaminya maka belajar tidaklah menjadi sesuatu yang menyebalkan baginya.

  1. Sediakan Banyak Bacaan

Belajar identik dengan buku maka Anda bisa memulainya dengan menyediakan banyak bacaan.  Anak-anak akan cenderung penasaran dan ingin membaca buku-buku yang ada. Anda bisa memulainya dengan menyediakan cerita dongeng. Setelah itu buku yang sesuai dengan tingkat wawasan anak tentang binatang atau pun alam dapat menjadi pilihan yang tepat.

  1. Tempat yang Nyaman

Selanjutnya dengan menyediakan tempat belajar yang nyaman. Ini dapat dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu tipe belajar anak Anda. ketika sudah mengetahuinya maka tinggal menyediakan tempat sesuai dengan kenyamanannya. Anak akan bersemangat untuk belajar karena merasa nyaman.

Tips parenting membuat anak mau belajar tanpa menangis ini bisa Anda coba untuk menerapkannya sejak anak berusia 5 tahun. Bisa juga dimulai saat anak sudah masuk taman kanak-kanak. Anda bisa menyesuaikan tips yang mana dulu untuk diterapkan. Lakukan secara rutin agar membentuk pola belajar untuk anak.